Tradisi Minum Teh Yang Unik Tapi Juga Aneh

Seunik dan seaneh apa sih tradisi minum teh diberbagai negara? Kalau menurutku sih keunikannya datang dari pengaruh adat dan budaya lokal. Ada yang menganggap tradisi minum teh sebagai status sosial dan kepribadian bangsa. Wah sampai segitunya yah. Kalau di Indonesia sih, yang penting tehnya dingin, segar, kemasannya praktis dan mudah dibawa kemanapun. Coba saja kamu lihat kalau dikantin sekolah atau pekerja, minuman mereka pasti kalau gak es teh tawar, es teh manis. Nah, kalau dinegara lain kayak gimana?

tradisi minum teh

Tradisi minum teh di Rusia,  menikmati teh sambil berdiri. Kan biasanya standing party kalau gak makan, ya nge wine. Nah kalau di Rusia ya nge-teh. Belum lagi perlengkapannya yang sangat artistik. Mereka nge-teh nya pakai ketel Samovar yang mirip dengan katel orang Mongol. Samovar dulunya digunakan untuk membuat minuman madu berempah yang direbus dengan tungku dan arang. Sangat tradisional yah. Bahkan cara minumnya juga unik, menggunakan gelas perak. Cara minumnya pun dicampur dengan satu sendok selai atau gula putih ke mulut. Ya, ke mulut bukan ke teh. Sedangkan tehnya sudah ditetesi lemon. Tertarik mencoba?

Beda lagi sama tradisi minum teh di Jepang yang gak kalah ribet. J Sen No Rikyu pada abad 16 merupakan pelopor dalam minum teh yang bahkan masih berlangsung sampai saat ini. Banyak banget langkah yang harus dilakukan. Tamu akan diantar ke ruang tunggu, disuguhi air panas dari ketel dicangkir. Uniknya, tamu diharapkan memuji tuan rumah. Ya dipuji dong, kan udah diundang. Setidaknya menghargai. Prosesnya sendiri berlangsung selama 4 jam! Lama juga yah. Sebenarnya mereka minum tehnya ditaman. Tamu berhenti untuk mencuci tangan dan mulut diair pancuran yang ada ditaman. Mungkin memang sengaja disiapin buat tradisi minum teh ini kali yah. Sendal dan sepatu dilepas, mereka masuk ke ruang minum teh. Sambil menunggu, tamu bisa sambil menikmati dekorasi dan rangkaian bunga sambil minum sake. Kalau tuan rumah sudah selesai menyiapkan teh, ia akan membunyikan gong. Uniknya, teh panas disajikan dengan wiski.

Oke, ini unik sekaligus aneh. Tapi selalu ada pengecualian buat kultur. Selalu menarik!

Sumber yes24

Dibaca 412 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrShare on LinkedInPin on PinterestShare on StumbleUponShare on Reddit

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>